Kesan Positif Mahasiswi STIS Hidayatullah Usai Kunjungi OJK Kaltim

Stishid.ac.id – Belum lama ini, sekitar 25 mahasiswi STIS Hidayatullah Semester 6 mengikuti praktikum (kuliah lapangan) di Gedung OJK Kalimantan Timur di Kota Samarinda.

Agenda yang bertajuk “Pengenalan Otoritas Jasa Keuangan dan Perlindungan Konsumen pada Industri Keuangan Syariah” ini didampingi langsung oleh Wakil Ketua Bidang Akademik STIS Hidayatullah, Ustadz Rizky Kurnia Sah.

Berbagai ilmu dan pengenalan yang diberikan OJK Kalimantan Timur dan BPD Kaltimtara, tentu memberikan kesan dan pelajaran berharga bagi para mahasiswi.

Salah satunya yang dirasakan Kelly Rizky Ayunda. Mahasiswi semester 6 Prodi HES ini mengaku mendapatkan wawasan yang luar biasa.

Ia mengungkapkan kepada Media STIS Hidayatullah bahwa peran dan fungsi OJK tidaklah ringan dan mudah.

“Ternyata peran dan fungsi Otoritas Jasa Keuangan tidaklah ringan dan mudah. Kami baru tahu ada ribuan industri keuangan yang harus didampingi dan diawasi. Di sisi lain peran OJK juga mengedukasi masyarakat untuk melek hukum, terutama terkait keuangan,” sebutnya.

Pada kesempatan berbeda, Fina Costarini, Ketua Panitia Kegiatan Praktik Kuliah ini, menyarankan kepada mahasiswa STIS untuk memperbanyak kegiatan-kegiatan seperti itu.

Agar keilmuan yang sudah diperoleh selama di kampus, bisa disinkronkan langsung dengan melihat aplikasi yang dilakukan oleh lembaga dan industri keuangan, terutama bidang keuangan syariah.

Pasca kegiatan itu, OJK Kaltim dan STIS Hidayatullah Balikpapan berkomitmen bersama-sama untuk mengedukasi masyarakat agar melek keuangan, terutama keuangan syariah. Agar semakin minim praktik penipuan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.* (Saga_Niyu/Rizky Kurnia Sah/STIS/MCU)

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp