Dr Syamsuddin Arif Isi Kuliah Umum STIS Hidayatullah

stishid.ac.id- STIS Hidayatullah mengadakan kuliah umum, Selasa (31/01/2023) di aula bawah kubah Masjid Ar-Riyadh Hidayatullah Ummulqura Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kegiatan diikuti oleh ratusan mahasiswa prodi Hukum Keluarga (Ahwal Syaksiyyah) dan mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah (HES).

Dr. Syamsudin Arif, Peneliti INSISTS, menjadi pemateri di kuliah umum itu. Tema yang diangkat adalah “Islam Moderat, Moderasi Beragama, Konsep, Problema dan Agenda”.

Menurut pria yang pernah menjadi pengajar di salah satu kampus di Malaysia ini, toleransi adalah hal yang harus ada dalam kehidupan bermasyarakat. Namun memiliki batas dan tidak berlebih-lebihan.

“Toleransi yang berlebihan tanpa sadar menyesatkan umat Islam yang lain,” ujarnya.

Lantas Dr Syamsuddin Arif berpesan kepada para mahasiswa agar lebih memperdalam ilmu agama agar, supaya terpengaruh dan tersesat oleh fitnah di masa kini.

Di akhir penyampaian Dr. Syamsuddin Arif menyarankan kepada mahasiswa untuk fokus dalam belajar dan menjaga diri dengan berada lingkungan yang kondusif.

Hal ini katanya untuk membentengi diri dari berbagai ajaran yang menyimpang di tengah-tengah masyarakat.

“Harus memiliki lingkungan yang kondusif agar tidak terpengaruh dengan ajaran yang merusak dan menyesatkan,” ucap Dr. Syamsuddin Arif.* (Muhammad Fuad/MCU/Media STIS Hidayatullah)

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp