STIS Hidayatullah Jalin Kerja sama Dengan MCU Guna Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa Di Bidang Jurnalistik

Foto: MUAS, Koordinasi Tim Media STIS Hidayatullah bersama Media Center Ummulqura, YPPH Ummulqura, Jum’at 15/9/2022.

http://stishid.ac.id“Zaman semakin senja tapi pengkaderan tak pernah lelah”. Demikian menjadi spirit bagi Media Center @UmmulquraHidayatullah (MCU), salah satu biro di bawah Bidang Sekretariat YPPH Balikpapan.

Dalam rangka itu, MCU terus melakukan kaderisasi jurnalis dan pegiat multimedia muda khususnya di lingkup Hidayatullah Balikpapan, Kalimantan Timur.

Misalnya, baru-baru ini MCU dan Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah (STIS) Balikpapan menjalin kerja sama kaderisasi jurnalis dan pegiat multimedia.

Lewat sinergi itu, STIS Hidayatullah memagangkan sejumlah mahasiswanya di MCU.

“Ini program pertama ada mahasiswa magang di MCU,” ujar Ketua Unit Media Center STIS Hidayatullah Balikpapan, Ustadz Muhammad Asrijal SH dalam acara Kopda MCU di Kantor YPPH Balikpapan, Gunung Tembak, Kamis (15/09/2022) malam Jumat.

Mahasiswa yang magang tersebut memiliki kompetensi berbeda-beda, antara lain di bidang penulisan/jurnalistik, fotografi, dan desain grafis.

Hadir pula dalam kopdar ini Pembina MCU Ustadz Masykur Lc, Ketua MCU Bang Abdus Syakur, serta sejumlah mahasiswa STIS yang siap magang di MCU.

Abdus Syakur dalam pengantarnya berpesan kepada mahasiswa tersebut agar tetap fokus menjalani perkuliahan di STIS, tidak melalaikan amanah sebagai mahasiswa.

Sekalipun demikian, mereka juga diminta serius menjalani magang jurnalistik-multimedia di MCU.

Menurut Abdus Syakur, seorang mahasiswa idealnya tidak sebatas aktif di perkuliahan, tetapi juga aktif berkarya di luar kelas.

Sehingga, kini sudah saatnya mahasiswa yang magang di MCU memaksimalkan potensi dan keterampilannya, khususnya di bidang jurnalistik-multimedia.

Ia pun berpesan kepada para mahasiswa sebagai pegiat jurnalistik-multimedia untuk siap tampil terdepan.

“Kerja di media itu ibaratnya berada di peperangan kita selalu berada di garda terdepan,” ujarnya.

Ustadz Masykur menyampaikan, geliat jurnalistik di Gunung Tembak sudah berjalan sejak lama, termasuk di masa dirinya menjadi santri.

Foto: MUAS, Koordinasi Tim Media STIS Hidayatullah bersama Media Center Ummulqura, YPPH Ummulqura, Jum’at 15/9/2022.

Termasuk, tuturnya, saat masih diamanahi sebagai Ketua STIS Hidayatullah.

“(Kala itu) saya sudah mulai kumpul-kumpul, sudah sering, cerita-cerita mading, jurnalistik, dan lain-lain,” sebutnya.

Ia menambahkan, di Kampus Induk Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak, diakui atau tidak, kebutuhan terhadap SDM sangat besar. Termasuk SDM jurnalistik-multimedia.

Di sinilah pentingnya kaderisasi jurnalis dan pegiat multimedia yang terus berkesinambungan.

Zaman sudah berubah, semakin banyak orang yang sudah bisa bikin berita atau mereportase. Semakin banyak orang yang bisa memproduksi berita.

Di Gunung Tembak pun demikian. Namun, bukan sekadar mengikuti tren, tapi mewadahi dan mengkoordinasikannya dengan lebih baik.

Selain lewat program magang tersebut, sinergi kaderisasi jurnalis muda dan pegiat multimedia juga dijalin oleh MCU – STIS Hidayatullah lewat pelatihan rutin.

Pelatihan ini digelar untuk para mahasiswa yang tergabung dalam UKM Jurnalistik dan para mahasiswi yang tergabung dalam PSM Jurnalistik. Di putra, pelatihan biasanya digelar setiap pekan sekali. Sedangkan di putri, pelatihan digelar dua kali sebulan.* (MUAS/SKR/MCU)

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp