STIS Hidayatullah Ikuti Workshop Peningkatan Jurnal Terakreditasi Kemendikbudristek

Foto: Kegiatan Workshop Peningkatan Jurnal Terakreditasi Kemendikbudristek

Stishid.ac.id- Saat ini Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah (STIS) Hidayatullah Balikpapan tengah mengerjakan akreditasi Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES).

Guna menunjang hal tersebut, STIS Hidayatullah Balikpapan mengikuti workshop peningkatan akreditasi jurnal. Kegiatan yang diwakilkan oleh Ustadz Herianto Muslim tersebut dilakukan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (22-23/06/2022).

Muslim mengungkapkan bahwa kegiatan itu dilakukan untuk seluruh pengelola jurnal se-Tanah Air.

“Kegiatan ini diadakan secara kompetitif untuk pengelola jurnal di seluruh Indonesia,” ucapnya saat ditemui Media Center Ummulqura (MCU) – STIS Hidayatullah di kantor STIS Hidayatullah, Gunung Tembak, Balikpapan.

Kegiatan ini diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kata Muslim, kurang lebih ada seribuan pengelola jurnal yang mendaftar untuk mengikuti workshop itu.

Namun dari ribuan peserta yang mendaftar itu, hanya 40 jurnal saja yang memenuhi persyaratan.

“Jadi dari seribu lebih pengelola jurnal yang mendaftar, yang memenuhi persyaratan hanya sekitar 40 jurnal. Salah satunya jurnal Ulumul Syar’i (STIS Hidayatullah, red).” tuturnya.

Foto: Herianto Muslim (Kanan, masker hitam) sedang mengikuti Workshop Peningkatan Jurnal Terakreditasi Kemendikbudristek, Banjarmasrin, Kalimantan Selatan.

Workhshop yang dilaksanakan di beberapa daerah di Indonesia ini bertujuan untuk meningkatkan peringkat akreditasi jurnal dari peringkat Sinta 6-3 ke Sinta 2. Sehingga, dengan naiknya peringkat akreditasi jurnal, secara tidak langsung membantu kampus dalam mengajukan akreditasi prodi dan lainnya.

“Kegiatan workshop ini pada intinya adalah pendampingan jurnal secara spesifik dalam bidang manajemen jurnal dan substansi, oleh tim evaluator akreditasi jurnal nasional dan pengelola jurnal nasional yang peringkat akreditasinya sudah SINTA 2,” ucapnya, Sabtu (02/07/2022) lalu.

“Pihak penyelenggara menjanjikan hadiah menarik bagi jurnal yang berhasil menaikkan peringkatnya ke Sinta 2 apalagi Sinta 1. Satu sisi ini juga merupakan tantangan bagi kita manajemen STIS Hidayatullah agar lebih giat lagi dalam mengelola jurnal yang telah ada,” tambah dosen yang juga alumnus STIS Hidayatullah tahun 2011 itu.

“Workshop ini sangat penting untuk kepentingan STIS Hidayatullah, karena ke depannya memudahkan bagi dosen yang ingin mempublikasikan karya ilmiahnya di jurnal terakreditasi. Karena dosen-dosen membutuhkan jurnal terakreditasi untuk menaikkan jabatan fungsionalnya. Saat ini jurnal STIS, khususnya Ulumul Syar’i peringkat akreditasinya adalah SINTA 5,” tutupnya.*

(MUAS/MCU/STIS)

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp