Tahun Ajaran Baru, STIS Luncurkan Program Pendidikan Ulama Zu’ama

Stishid.ac.id – Mengambil spirit berkah Ramadhan, Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah meluncurkan program unggulan yang dinamai Pendidikan Ulama Zu’ama (PUZ) tahun ajaran baru nanti.

Sesuai namanya, program PUZ ini diharapkan menjadi wadah bagi mahasiswa Muslim yang ingin menguasai ulumuddin (ilmu agama) lebih dalam serta punya jiwa pemimpin.

“Ini sesuai dengan visi PUZ menjadi lembaga pendidikan yang menghasilkan kader ulama zu’ama” terang Abdurrohim, Ketua STIS.

Sedianya, program unggulan tersebut menempati lokasi perkuliahan di Pesantren Tahfizh al-Qur’an Ahlus Shuffah, Gunung Binjai Balikpapan.

Diketahui, Ahlus Shuffah memiliki area pesantren seluas 61 hektar di ujung timur kota Balikpapan.

Untuk mencapainya, butuh kesabaran menempuh medan jalan berbatu dan cukup terjal sekitar enam kilometer dari perumahan penduduk di sana.

Selebihnya, lokasi yang masih terpencil itu dikelilingi ratusan hektar kebun sawit milik masyarakat sekitar.

“Lokasi itu sengaja dipilih agar mahasiswa terkondisikan dalam pengkaderan dan perkuliahan nantinya,” urai Abdurrohim panjang lebar.

Menurut Abdurrohim, kehadiran pendidikan ulama pemimpin diharapkan menjadi jawaban atas kerinduan masyarakat dipimpin oleh orang-orang yang memang layak menjadi pemimpin.

“Ulama itu harus jadi panutan sekaligus penggerak di masyarakat. Sedang jadi pemimpin itu hendaknya yang paham agama,” ungkap doktor pemikiran pendidikan tersebut.

Sejalan dengan visi PUZ, raw input mahasiswa sekurangnya menghafal minimal 5 juz al-Qur’an, menghafal hadits Arbain, dan menguasai bahasa Arab sebagai skill untuk menelaah sejumlah literatur dan referensi lainnya.

Lebih jauh, hadirnya program unggulan PUZ STIS adalah rangkaian upaya sungguh-sungguh Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah untuk melahirkan kader dakwah yang berkarakter ulama dan berjiwa pemimpin.

“Ini adalah amanat Munas 2015 lalu yang terus digodok oleh DPP hingga penunjukan STIS sebagai penyelenggara PUZ sekarang,” jelas Tasyrif Amin, Ketua Bidang Tarbiyah DPP Hidayatullah.

Terakhir, untuk informasi pendaftaran lebih lanjut, bisa hubungi nomor panitia pendaftaran mahasiswa baru, 081381017916 */admin STIS

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp