STIS Sambut Ramadhan dengan Spirit “Alam Nasyrah”

Suasana UAS Genap STIS Hidayatullah 2017

Stishid.ac.id – Jelang kedatangan bulan Ramadhan 1438 H, Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah Balikpapan tak henti menggelar sejumlah agenda kemahasiswaan secara berturut.

Baru saja menggelar pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) Genap awal Mei lalu, selanjutnya mahasiswa STIS langsung dijejali dengan berbagai macam kegiatan lainnya. Mulai dari pembekalan Dai Ramadhan, penugasan Praktik Kuliah Dakwah (PKD) dan Dakwah Fardiyah (DF), ujian skripsi bagi mahasiswa semester VIII, hingga pembekalan dan penugasan alumni STIS Angkatan ke-11, tahun 2017 ini.
Khusus agenda yang disebut terakhir, STIS Hidayatullah bekerja sama dengan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah, bidang Departemen Sumber Daya Insani (SDI). Diketahui, sebanyak 49 orang mahasiswa semester akhir akan mengikuti perhelatan penugasan sebagai kader sarjana dai ke sejumlah titik dakwah di nusantara.
Sebelumnya, mereka terlebih dahulu menghadapi ujian skripsi dan berlanjut ke acara pembekalan dan penugasan alumni berikutnya.
“Alhamdulillah, secara kelembagaan, STIS Hidayatullah terus berupaya mewarisi etos kerja “Alam Nasyrah” atau spirit Fa idza faraghta fanshab,” ungkap Dr. Abdurrohim, Ketua STIS, dalam kesempatan terpisah.
Menurut Abdurrohim, spirit dan etos kerja tersebut penting dimiliki oleh setiap stakeholder STIS. Mengingat tantangan dakwah dan pendidikan yang kian global di tengah masyarakat, belakangan ini.
Selanjutnya, khusus untuk acara Pembekalan Dai Ramadhan, sedianya STIS bekerja sama dengan Baitul Mal Hidayatullah (BMH) dan Yayasan Dakwah Center (YDC) Ulil Albab, Balikpapan.
Usai pembekalan, STIS akan menyebar mahasiswanya ke sejumlah daerah untuk berdakwah dan memberi penyuluhan kepada masyarakat terkait kewajiban zakat selama bulan Ramadhan.
Terkait berbagai program di atas, Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan, Harbin, S.H.I, M.M, berharap semua itu disadari sebagai komitmen STIS dalam memajukan dakwah dan pendidikan.
“Harapannya, mahasiswa STIS tak hanya dekat dengan umat tapi juga memberi kontribusi solutif terhadap masalah yang dihadapi umat,” imbuh Harbin menutup.*/ admin stis

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp