Gelar Baksos, BEM STIS Putri Adakan Pengobatan Bekam Gratis

Stishid.ac.id – Memanfaatkan liburan akhir tahun, Badan Eksekutif Mahasiswi (BEM) Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah Putri mengadakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos), baru-baru ini.

Kali ini BEM bekerjasama dengan Muslimat Hidayatullah (Mushida) Wilayah Khusus Gunung Tembak Balikpapan dan membuka pengobatan gratis bekam secara massal di tengah masyarakat Salok Api, Samboja, Kab. Kutai Kartanegara .

Pengobatan massal yang bertajuk “Sehat Bersama Sunnah” itu dihadiri lebih dari ‎‎40 orang. Mereka kebanyakan berusia lanjut usia (lansia) dan merupakan anggota Majelis Taklim binaan Mushida. Ibu-ibu pasien tampak antusias berobat ala “Sunnah Nabi” tersebut. Hal itu terbukti dari respon mereka dan rela menunggu antrian untuk dibekam.

Diketahui, bekam atau hijamah adalah salah satu pengobatan yang diajarkan oleh Nabi. Caranya, dengan mengeluarkan darah kotor dari tubuh seseorang yang dianggap berpontensi jadi sumber penyakit.

“Harapannya, ke depan mahasisiwi STIS bisa menggelar baksos kembali dengan persiapan yang lebih maksimal. Kalau perlu digilir ke seluruh daerah binaan Majelis Taklim Mushida di kota Balikpapan,” Ujar Rohana, seorang peserta baksos.

Disebutkan, tujuan kegiatan baksos untuk membiasakan mahasiswi bersosialisasi dengan masyarakat. Selain itu, untuk melatih skill sebagian mereka yang tergabung dalam PSM (Pengembangan Skill Mahasiswi) Thibbun Nabawi. Sebuah program pembinaan dari Dept. Pendidikan BEM STIS Putri.

“Selain untuk pengobatan dan kesehatan, keahlian “Thibun Nabawi” mahasiswi juga bisa dimanfaatkan untuk sarana dakwah di masyarakat nantinya,” papar Istiqomah, Ketua Dept. Pendidikan.

Alhamdulillah, senang rasanya bisa membantu masyarakat secara langsung. Semoga kami terdorong makin tekun belajar Thibbun Nabawi,” ucap  Shofiyyah Latifah, mahasiswi yang aktif di PSM Thibbun Nabawi.*/ Istiqomah, Dept. Pendidikan BEM STIS Putri 

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp