STIS Cetak 83 Alumni SHI : Siap Disebar di Seluruh Nusantara

 
STISHID — Sebanyak83 wisudawan/wisudawati mengikuti Sidang Senat Terbuka Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah (STIS) Hidayatullah Balikpapan. Sabtu (24/12/2016). Acara ini merupakan rangkaian wisuda dan penugasan alumni angkatan IX dan X STIS Hidayatullah Balikpapan.

Bertajuk “Islam Syari’ah Ramah lingkungan“, kegiatan ini digelar di Gedung Serbaguna Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatullah GunungTembak. Balikpapan Timur (Baltim). Seperti tahun sebelumnya. acara ini diisi orasi ilmiah oleh Dr H Sukarni MAg yang juga wakil rektor II Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin.

Walikota Balikpapan : STIS Tetap Konsisten Lahirkan Kader Penggerak Pembangunan

Hadir pula Wali Kota Blikpapan H Rizal Effendi. Ketua STIS Hidayatullah Dr Abdurrohim, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Drs Zainuddin Musaddad. Ketua DPP Hidayatullah pusat Ustaz Dr Nashirul Haq Lc Ma, anggota senat. dosen, orang tua serta para santri Ponpes Hidayatullah.

Rizal EfTendi mengharapkan, para wisudawan menjadi penggerak Islami karena katanya Hidayatullah dikenal sebagai Ponpes yang melahirkan banyak kader yang tahan dalam segala hal. Dan itu sangat baik untuk ditularkan di masyarakat dalam menghadapi kehidupan sesuai ajar an Islam. “Nah apalagi setiap tahun bertambahnya musala dan masjid sehingga pelopor para dai dan ustaz perlu adanya regenerasi dari kalangan dai muda,” ujarnya.

Sementara itu Zainuddin Musaddad mengatakan, setelah diwisuda para alumni yang telah siap di lapangan, di mimbar. bisa menjadi guru bahkan menjadi pencerah di semua lini bangsa Indonesia.

Mereka juga kata dia, akan disebar ke seluruh daerah Indonesia untuk mengamalkan ilmu yang mereka telah didapatkan selama di Ponpes serta mengaplikasikan program Hidayatullah.

Intinya adalah mereka dapat menjadi pencerah dari sisi keilmuan agama dan keterampilan yang dimiliki untuk menjadi masyarakat sekaligus kekuatan pelaku formal maupun informal di mana pun mereka berada. Karena Hidayatullah juga berkerja sama dengan pemerintah, Ormas dan lembaga keagamaan untuk saling bersinergi guna meningkatkan pendidikan dan dakwah,” katanya.

Terkait hal itu. Nashirul Haq menjelaskan. sesuai visi dan misi perguruan STIS Hidayatullah yakni “Mencetak Sarjana yang Siap Mengemban Tugas. Baik Internal Maupun Eksternal Organisasi.” Maka kata Nashirul kebutuhan dosen di Ponpes Hidayatullah harus diisi tenaga yang berkompetensi dan leadership yang mumpuni.

Abdurrohim menambahkan. lulusan yang diwisuda merupakan lulusan program studi Ahwal Syakhsiyah dengan titel Sarjana Hukum Islam (SHI). “Mereka terdiri dari 17 laki-laki dan 66 perempuan,” katanya.

“Sejak berdiri 2004 STIS Hidayatullah telah meluluskan ribuan mahasiswa. Untuk wisuda tahun ini kami langsung memberikan surat penugasan kepada lulusan untuk ditempatkan di seluruh pelosok nusantara. Yang SK-nya ditandatangani Pimpinan Pusat (PP) Hidayatullah di Jakarta.” ungkapnya.*/Dikutip dari koran Kaltim Post

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp