Adakan Dauroh al-Qur’an, BEM STIS Hadirkan MD. Karyadi, Lc


STISHID — Pasca Ujian Akhir Semester (UAS) ganjil, Badan Eksekutif Mahasiswi (BEM) STIS Hidayatullah menggelar Dauroh Hafizh al-Qur’an. Dauroh dengan tema “Mempersiapkan Kader Muslimah Tangguh Berkarakter Qur’ani” ini dilaksanakan selama dua hari (20-21/01/16)  dan diikuti oleh seluruh mahasiswi, dosen, dan tenaga pengelola.

BEM sebagai penitia penyelenggara dauroh yang keempat kalinya digelar ini menghadirkan pembina sekaligus  pencetus Dauroh 60 Hari Hafal al Qur’an 30 Juz, ustadz MD Karyadi, Lc sebagai narasumber tunggal yang didampingi oleh Kusnadi, Ketua LP3M STIS Hidayatullah yang bertindak sebagai moderator.

Dihadapan peserta dauroh, ustadz Karyadi, demikian dirinya disapa, memberikan beberapa tips agar hafalan menjadi baik dan benar. Pertama yaitu membaca ayat yang akan dihafal berkali-kali. Kemudian (kedua) dibaca dan dipahami arti dari ayat yang dihafal. Langkah selanjutnya (ketiga) adalah memilah kata per kata  dalam satu ayat namun tetap tidak merubah makna serta (keempat) yaitu menghafal dengan memotret, maksudnya menghafal sambil melihat secara singkat semampu nya otak mampu merekam.

Namun, menurut Pimpinan Pesantren Hidayatullah Ruhama Bogor ini, inti dari seluruh metode yang ia paparkan adalah fokus. “Dalam fokus sendiri harus dilatih dengan dibangunnya niat yang ikhlas, tempat atau lingkungan yang kondusif dan paling urgen adalah adanya teman atau sahabat yang mendukung dan membantu dalam proses menjadi pejuang Qur’an,” beber ustadz berperawakan kecil ini.

Pejuang Al-Qur’an

Disaat yang sama, Ustadz Karyadi juga  menimpali agar para peserta menjadi pejuang al-Qur’an. Sebab kebanyakan manusia saat ia mengerjakan suatu perbuatan tidak paham maksud dan tujuan akhir ia melakukan hal tersebut jadi hanya taklid semata.

“Pejuang al-Qur’an saat ini sangat langka. Karena disamping ia menghafal dan mengamalkan ayat-ayat Allah, ia juga harus senantiasa menghidupkan sunnah Nabi Saw. Karena saat ia mengazzamkan dalam dirinya menjadi pejuang Qur’an sebagai bukti kemudahan al-Qur’an dan bahwa ayat-ayat Allah akan menjadi saksi atas azzam tersebut,” ujarnya dihadapan ratusan peserta dauroh.

Karyadi menambahkan, bahwa tujuan hidup seorang pejuang al-Qur’an harus paham hidup sebagai sebuah proses belajar yang harus dilandaskan pada al-Qur’an. “Ketika Al-Qur’an telah menjadi pondasi dalam hidup seseorang akan dipastikan dalam hidupnya nampak dinamis karena didalamnya terdapat sebuah proses belajar yang senantiasa memperbaiki setiap sudut hidupnya dengan menjalankan syari’at Allah dan menjauhi larangan-Nya,” tuturnya.

Berdasarkan pengalaman yang ia jumpai dilapangan, banyak hafidz di luar sana yang tujuan menghafalnya masih perlu diperbaiki. Ada yang menjadi hafizh MTQ, tujuannya untuk mengikuti lomba. Ada juga yang niatnya menjadi hafizh kuburan, artinya menunggu dirinya dipanggil unutk mengkhatamkan Qur’an di kuburan dan diberi upah.

“Hafidz sejati adalah penghafal Qur’an yang memiliki niat murni karena Allah,” tuturnya.

Saat  mulai jenuh dalam menghafal atau muroja’ah, yang pertama kali kita lakukan adalah harus segera memperbaiki niat. “(Sebab) saat kita memiliki rencana untuk mengerjakan kebaikan, maka pada saat itu juga  syetan pasti memiliki rencana baru untuk menggoda kita. Itulah sebabnya kita harus istiqomah dalam mengerjakan kebaikan.” Demikian Karyadi.

Di akhir dauroh, Karyadi mengajak peserta dauroh untuk berikrar untuk berusaha sepanjang hayat menghafal al-Qur’an. “ Saya akan memimpin para hadirin sekalian untuk mengikrarkan proklamasi untuk menyelesaikan hafalan Qur’an pada waktu tertentu.” Ujanya ustadz Karyadi sembari menuliskan teks proklamasi (ikrar) hafalan Qur’an da disalin oleh peserta.

“ Alhamdulillah dengan berakhirnya daurah Qur’an ini ana memiliki semangat dalam menghafal apalagi ketika kami telah mengumandangkan (menandatangani) proklamasi menghafal Qur’an, saya jadi terpacu.” ujar Siti Hajar Muslim mewakili perasaan semangatnya dalam menghafal. */Rifqiyati Hudayani, Tim Jurnalis Mahasiswi.


Berita ini juga dapat dibaca melalui Android. Segera Update aplikasi STISHID untuk Android . Install/Update Aplikasi STISHID Android Anda Sekarang !

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp