Sambut Munas IV Hidayatullah, BEM Adakan Training Jurnalistik

Menyambut Musyawarah Nasional (Munas) Hidayatullah ke-4 (7-10 Nop 2015), Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah Putri Balikpapan mengadakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik (1/11/2015).

Acara dipadati oleh 150 mahasiswi tersebut dan menghadirkan Imam Nawawi, Pimpinan Redaksi Majalah Mulia sebagai pemateri. “Menulis adalah cara seseorang menuangkan ide dan pemikiran dalam bentuk kalimat yang bisa mempengaruhi orang lain.” Demikian Imam mengawali pemaparannya.

Menurut Imam, menulis bisa memudahkan manusia mengamalkan berbagai perintah Allah. Mulai dari perintah membaca, berpikir, mengasah kemampuan observasi, tadabbur hingga perintah menulis itu sendiri.

Bertempat di Gedung Hasanah Lukman, STIS Hidayatullah Putri, Imam terus menggugah semangat jihad pena mahasiswi.

Menurut Imam,  menulis juga sarana terbaik dalam memproduksi ide, menciptakan konsep serta tawaran dalam mengatasi persoalan manusia. “Apa jadinya kalau manusia tidak lagi mau berpikir dan menulis tentang persoalan hidup ini,” Ungkap penulis buku “Indahnya Bersabar” ini.

Terakhir, Imam mengingatkan adab-adab seorang penulis atau jurnalis Muslim. Bagi seorang Muslim, pantang baginya untuk menyajikan berita bohong atau informasi tidak bermanfaat.

Termasuk di dalamnya adalah senantiasa berpihak kepada kebenaran dan dakwah Islam serta berniat ibadah kepada Allah.

“Jangan sampai menulis hanya karena ingin dihargai  dan dipuji oleh orang lain atau kelompok. Menulislah,  biarkan Allah menilai mujahadah kita dalam menyampaikan dakwah,” Papar Imam. “Olehnya jangan memisahkan antara pikir dan dzikir” Ucap Imam berpesan.

Diketahui, training penulisan adalah bagian dari program Divisi Jurnalistik yang dibawahi oleh  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIS. Selama ini mereka telah aktif mengelola Majalah Dinding (Mading Kampus), buletin, dan berbagai kegiatan lainnya.

“Motivasi luar biasa buat kami. Semoga kami bisa turut berjihad melalui pena-pena kami,” Ucap Maysarah, seorang mahasiswi.*/Sri Hartati / Dosen STIS Hidayatullah Putri, Balikpapan.

Berita ini juga dapat dibaca melalui Android. Segera Update aplikasi STISHID untuk Android . Install/Update Aplikasi STISHID Android Anda Sekarang !

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp