Dosen STIS Belajar Metode Aplikatif Pengajaran Kitab

STISHID — Memasuki tahun ajaran baru 2015-2016, Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah, Balikpapan tak henti berbenah. Kali ini STISmengadakan kegiatan Upgrading Dosen terkait metode pembelajaran diniyah. Acara yang bertajuk “Metode Pembelajaran Diniyah Aplikatif Berbasis Kitab” ini diselenggarakan di Gedung Hasanah Lukman STIS Hidayatullah Putri, Balikpapan, beberapa waktu silam. Hadir sebagai pemateri adalah Ustadz Syakir Syafi’i, pengurus Pimpinan Wilayah (PW) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Tengah bagian selatan.

Di hadapan 30 orang dosen dan undangan lainnya, Syakir menyampaikan beberapa kekhasan pelajaran diniyah atau baca kitab kuning (salaf) tersebut. Selain karena kedalaman ilmu dan keluasan manfaatnya, hal yang tak bisa dipungkiri adalah barakah ilmu dan keikhlasan para ulama.“Hingga kini, jutaan umat Islam di seluruh dunia menimba ilmu dari kitab-kitab klasik mereka.” Ucap Syakir menjelaskan. “Di sana ada barakah yang mengalir dari keikhlasan ulama menuntut ilmu dan mengajarkan dahulu.” Imbuh Syakir yang dikenal sebagai praktisi pendidikan di Yogyakarta.

Menurut Syakir, selain untuk belajar bahasa Arab dan interaksi dengan kitab para ulama(turats), hendaknya dosen juga menanamkan pesan adab dan akhlak kepada mahasiswa ketika ngaji kitab. Termasuk di dalamnya adalah menumbuhkan semangat juang sebagaimana yang dicontohkan oleh para ulama terdahulu. “Tak cukup ambil ilmunya, tapi mahasiswa juga harus mewarisi adab dan semangat kontribusi para ulama dalam perjuangan Islam.” papar Syakir menerangkan.

Terakhir, Syakir mengingatkan, agar lembaga pendidikan Islam senantiasa menghidupkan ciri dan tradisi keilmuan para ulama. Sebab paradigma ilmu demikian adalah kekayaan yang harus diwariskan. “Jangan sampai mahasiswa hanya bangga dengan literatur barat sedang mereka tidak paham karya-karya ulama Islam sendiri.” Ungkap Syakir. “Padahal sumber ilmu itu seluruhnya datang dari Islam. Yang menemukan dan mengembangkan di awal adalah para tokoh dan ilmuwan Muslim pula.” Ujar Syakir mengakhiri.

Untuk diketahui, kegiatan upgrading dosen berlangsung atas dukungan kerjasama antara Lembaga Penelitian, Pengabdian, dan Pengembangan Masyarakat (LP3M) STIS Hidayatullah dan Lembaga Pendidikan dan Pengkaderan (LPP) Hidayatullah Balikpapan. Sedianya pelatihan semacam di atas akan berlangsung secara berkala dengan tema dan pembahasan yang berbeda selanjutnya. “Kami berupaya untuk terus membenahi semua hal terkait amanah besar pendidikan ini.” Pungkas Abdul Ghofar Hadi, Ketua LPP Hidayatullah, Balikpapan. */ Masykur Abu JaulahSTISHID

Berita ini juga dapat dibaca melalui Android. Segera Update aplikasi STISHID untuk Android . Install/Update Aplikasi STISHID Android Anda Sekarang !

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp