Training Kepemimpinan LPP Hidayatullah Hadirkan Rully Cahyo Nufanto

STISHID — Untuk meningkatkan kualitas pendidikan pesantren, Lembaga Pendidikan dan Pengkaderan (LPP) Hidayatullah, Balikpapan mengadakan kegiatan Training Kepala Unit Pendidikan yang digelar di Aula Serba Guna Hidayatullah, Balikpapan (15-16 Agustus 2015). Pelatihan manajemen dan kepemimpinan ini menghadirkan Trainer Nasional, Rully Cahyo Nufanto.

Menurut Rully, simpul mutu sebuah lembaga pendidikan terletak pada tiga segitiga emas. Yaitu guru, sistem, dan kepala sekolah. Selanjutnya dari tiga simpul tadi, seorang kepala sekolah menjadi sosok yang paling menentukan. “Kepala sekolah bisa berperan yang memiliki kekuatan sebagai potensi pengaruh, pengubah, ataupun potensi pengembang.” Papar Rully.

Meski demikian, Rully mengajak agar setiap kepala sekolah menikmati peran tersebut dengan perasaan bahagia. Bahagia bukan karena punya jabatan strategis yang berpengaruh. Namun rasa bahagia itu ditampakkan dengan menjalankan amanah dengan sungguh-sungguh. “Amanah tersebut merupakan ladang amal yang sangat luas.” Ungkap Rully. “Kebijakan-kebijakan yang diambil hendaknya berorentasi untuk maslahat orang banyak, bukan untuk kepentingan pribadi.” Imbuh Rully kembali.

Komitmen keteladanan,  lanjut Rully, merupakan faktor terbesar dalam menjalankan amanah sebagai seorang pemimpin. Untuk itu, seorang kepala sekolah harus tampil sebagai figur yang pantas untuk diteladani. Bedanya, dengan sistem boarding school (sekolah berasarama), teladan itu tak hanya di lingkungan sekolah semata tapi juga berlaku dalam seluruh aktivitas keseharian yang ada.

Untuk diketahui, Pesantren Hidayatullah Balikpapan sudah memiliki sejumlah jenjang pendidikan. Mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Raudhatul Athfal (RA), hingga ke Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (M.Ts) dan Madrasah Aliyah (MA). Seluruh madrasah diberi nama Madrasah Raadhiyatan Mardhiyyah, baik putra ataupun putri.

Selain itu ada juga Ma’had Tahfidz Ahlus Shuffah yang secara khusus mencetak santri penghafal al-Qur’an. Sedang di level perguruan tinggi, ada Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah yang telah meluluskan 300-an alumni yang menyebarkan misi dakwah di berbagai daerah. */ Masykur / STISHID

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp