BEM STIS Hidayatullah Sukses Selenggarakan Festival Anak Sholeh 2015

STISHID – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIS Hidayatullah Balikpapan sukses menyelenggarakan Festival Anak Shaleh (FAS)  2015 yang diikuti oleh 155 peserta TPA/TKA se-Kecamatan Balikpapan Timur, Ahad (01/2/2015).

Pada tahun ini, panitia memilih Masjid Baitul Jannah, Perumahan Panji, Kelurahan Manggar sebagai tempat penyelenggaraan FAS.

Kegiatan rutin tahunan BEM ini sukses terselenggara berkat dukungan dari berbagai pihak, di antaranya Lurah Manggar, Syabab Hidayatullah, Baitul Mall Hidayatullah dan LP3M STIS Hidayatullah.

“Kegiatan ini bertujuan memotivasi anak kita sekaligus sebagai edukasi yang baik untuk memdekatkan anak-anak dengan al-Qur’an. agar menjadi insan cendekia yang berakhlak mulia sesuai tuntunan Rasulullah.,” jelas Ismail Hadi, Ketua Panitia penyelenggara.

Ada 5 lomba yang ditujukan bagi anak-anak yakni, lomba hafalan surah-surah pendek, lomba hafalan juz 30, lomba kultum, cerdas cermat dan MBA (mengartikan al-Qur’an).

Pada kesempatan yang sama ditempat yang berbeda, ketua LP3M STIS Hidayatullah Balikpapan, Kusnadi, M.Hum, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. “Kita optimis, melalui Festival Anak Soleh diyakini sebagai ajang menguji keterampilan atau kemampuan yang ada serta kebersamaan, pada gilirannya anak akan memiliki kemampuan memahami al Quran dan mengimplementasikan dengan kemampuan mengamalkan  di masyarakat, anak-anak diharapkan jangan hanya mengejar menangnya saja tapi lebih utama lagi adalah mengetahui sejauh mana kemampuannya dan rasa kebersamaan yang dibangun oleh terselenggaranya acara ini,” ujarnya melalui phone seluler.

Sekedar diketahui, para peserta dalam perlombaan FAS tersebut merupakan anak-anak dari TPA/TKA binaan mahasiswa STIS Hidayatullah yang berada di kecamatan Balikpapan Timur. “Ini merupakan salah satu tahap yang harus dilalui oleh setiap mahasiswa selama menempuh perkuliahan. Jangka waktunya adalah satu tahun.” Ujar Kusnadi, ketua LP3M.

Hadirnya mahasiswa yang mewakafkan dirinya dalam membina ilmu dan iman anak-anak TPA sangat dirasakan manfaatnya oleh para pengurus TPA.

“Sejak tahun 2010 TPA kami rutin mendapat tenaga mahasiswa STIS Hidayatullah dalam membina anak-anak. Kami selalu meminta mereka (mahasiswa-red) karena selain keilmuannya yang mumpuni, juga karena akhlak mereka yang sangat santun. Sehingga tidak wajar jika anak-anak betah mengaji dengan rekan-rekan.” Tutur Jamilah, Kepala TPA Al-Mujahidin Lamaru.

Penyelenggaraan Festival Anak Sholeh (FAS) ini merupakan salah satu dari rangkaian agenda Pekan Rihlah Mahasiswa (PRM)  STIS Hidayatullah pasca  ujian semester ganjil beberapa waktu yang lalu.
PRM sendiri merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan STIS Hidayatullah yang dilimpahkan kepada Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sebagai penyelenggara.

Pembantu Ketua III, Herianto Muslim, MEI menjelaskan, maksud dari adanya PRM ini merupakan upaya STIS Hidayatullah menfasilitasi mahasiswa selama liburan akademik. Sebab  meskipun libur, tidak ada perizinan bagi mahasiswa maupun mahasiswi untuk pulang atau berlibur di kampungnya. Ujarnya.

“Ini sudah menjadi tradisi yang telah dipahami oleh sivitas akademika STIS sejak perguruan tinggi ini ada,” tuturnya.*/Ibnu Sahl/Stishid

Baca Juga Rangkaian Kegiatan PRM:

*Pekan Rihlah Mahasiswa (PRM), Beginilah Cara Mahasiswa/i Menghabiskan Masa Libur Akademik

*AGENDA PEKAN RIHLAH MAHASISWA/I

*Workhshop Thibbun Nabawi : “Sehat dengan Pola Hidup Rosulullah SAW”

 *“STIS Hidayatullah Cup” Kembali Menjadi Milik Dosen

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp