Lintas Alam Kader Muda Hidayatullah Balikpapan

Stishid.ac.id- Kampanye untuk mencintai alam menjadi salah satu misi yang dicanangkan SAR Hidayatullah Balikpapan. Sehingga SAR Hidayatullah menggandeng Pandu Hidayatullah Balikpapan melakukan kegiatan lintas alam dengan tema “Selamatkan Lingkungan dengan Mencintai Alam”. Kegiatan ini diikuti 110 orang yang merupakan perwakilan dari Tim SAR Hidayatullah, Pandu Hidayatullah Balikpapan dan Pramuka Sekolah Alam Budi Mulia Balikpapan dan Pengurus Daerah Hidayatullah Balikpapan. [Lihat galeri kegiatannya]

Ada beberapa target yang ingin dicapai dengan diadakannya kegiatan Lintas Alam. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Agus Himawan, selaku Ketua SAR Hidayatullah Balikpapan pada saat briefing sebelum melepas peserta. Target yang ingin dicapai antara lain, mempersatukan kader muda dan pelajar Hidayatullah dalam kerjasama dan solidaritas; membina kekompakan, kerjasama dan menumbuhkan semangat antar peserta; menikmati keindahan alam sekitar dengan diimbangi rasa syukur kepada Allah Sang Maha Pencipta; dan lebih menghargai alam semesta sebagai penyeimbang bumi.

Lintas Alam dilaksanakan selama 2 hari yaitu hari Sabtu-Ahad (15-16/11) di kawasan hutan Gunung Binjai di Balikpapan Timur hingga Waduk Manggar di Balikpapan Utara. Medan yang ditempuh dalam cukup beragam, yaitu melewati pemukiman warga, melewati perbukitan, melewati hutan, melintasi perkebunan karet, hingga menyusuri lintasan sungai yang menyambung hingga ke waduk manggar.

Lintas alam ini menempuh jalur sepanjang 35 KM pulang pergi, yang melewati empat pos di sepanjang jalur tersebut. Jalur pemberangkatan di mulai dari Bumi Tahfidzul Qur’an Ahlus Shuffah Gunung Binjai Balikpapan Timur dan berakhir di Waduk Manggar Balikpapan Utara dengan menempuh jalur sepanjang 15 Km. Sedangkan jalur kepulangan di tempu sepanjang 20 Km yang di mulai dari Waduk Manggar Balikpapan Utara dan berakhir di Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan.

“Kegiatan Lintas Alam SAR Hidayatullah ini dengan baik atas kerja keras dari panitia dan berbagai pihak yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mudah-mudahan kegiatan ini terus berlanjut sebagai bentuk aksi cinta kita terhadap lingkungan dan diri kita”, Ucap Ketua Panitia, Agus Supriyanto.

“Alhamdulillah, kegiatan-kegiatan yang dilakukan kawan-kawan di SAR ini sangat membantu dan meringankan beban Pengurus Daerah Hidayatullah dalam membina mental juang para kader kita”, Ujar Rusydi Hidayat, Ketua PD Hidayatullah Balikpapan yang juga merupakan salah satu peserta. */Ibnu Sahl/stishid.ac.id

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp