STIS Hidayatullah Ikuti Sosialisasi Pengelolaan Data Penelitian Melalui Sistem RIN

STIS HID – Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah (PDDI) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia pada hari Kamis (07/11/2019) mengadakan sosialisasi penggunaan Repository Ilmiah Nasional (RIN) sebagai salah satu salah satu sistem Repository terbaru untuk mendukung Research Data Management perguruan tinggi. Sosialisai ini bertempat di Institut Teknologi Kalimatan Timur dan dihadiri 71 perguruan tinggi negeri dan swasta. Perwakilan STIS Hidayatullahn dalam kegiatan ini diikuti oleh Ketua LPPM STIS Hidayatullah, Herianto Muslim dan utusan pustakawan, Rizky.

Dalam Pemaparannya, LIPI menjelaskan bahwa RIN atau Repository Ilmiah Nasional adalah sarana untuk menyimpan, melestarikan, dan menjamin ketersediaan akses terhadap data penelitian. Perbedaan RIN dan Repositori Lainnya adalah dari isi datanya kalau RIN berisikan Data Penelitian sedangkan Repository lain berisikan Karya Ilmiah, Buku, Jurnal, Prosiding, Makalah, Artikel, dan sejenisnya.

Berlangsungnya system RIN di perguruan tinggi tergantung dari peran pustakawan. Karena salah satu peran Pustakawan adalah mengelola Data Penelitian yang merupakan bagian dari ouput penelitian. Selanjutnya data penelitian harus dikelola dan disimpan dengan tepat dan di tempat yang aman. Selain itu, peran pustakawan dalam repositori adalah menentukan dan memastikan kualitas data penelitian.

Adapun Data Penelitian yang dimaksut adalah Kumpulan fakta objektif yang dapat berbentuk teks, gambar, rekaman suara atau video, bilangan atau simbol dan dapat dijadikan sebagai dasar empiris untuk penelitian. Landasan hukumnya adalah Peraturan Ketua (Perka) LIPI Nomor 12 Tahun 2016.

Repositori Ilmiah Nasional (RIN) merupakan sarana untuk menyimpan, melestarikan, mengutip, menganalisis dan berbagi data penelitian. RIN berperan sebagai media online dalam mengelola, menyimpan dan berbagi data penelitian. Peneliti, penulis data, penerbit, distributor data, dan institusi afiliasi semuanya menerima kredit akademis dan visibilitas web. Peneliti, Instansi, dan Pemberi Dana memiliki kendali penuh terhadap data penelitian.

Berdasarkan pantauan dari portal RIN (http://rin.lipi.go.id/), hingga tanggal 23 Desember 2019 telah terdapat 3950 Datasets yang berisi 14.289 file dengan total download sebanyak 87.327. (adm/STISHid)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *