Ketum DPP Hidayatullah: Jadilah Kader Islam yang Utuh Berkualitas

Stishid.ac.id – Ke depan, lulusan Perguruan Tinggi Hidayatullah (PTH) diharapkan lebih berkualitas daripada perguruan tinggi umum lainnya.
Demikian harapan Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah, Ustadz Nashirul Haq, Lc., MA. kepada para wisudawan/wisudawati Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah, Sabtu, 24/12/2016.
Menurut Ustadz Nashirul, keinginan tersebut memungkinkan untuk dicapai mengingat potens pendidikan dan pengkaderan PTH berbasis asrama (boarding).
“Jika pendidikan umum regular berkualitas, maka pendidikan 7 hari x 24 jam di PTH seharusnya bisa lebih berkualitas,” ungkap kandidat Doktor di International Islamic University Malaysia (IIUM) tersebut.
Merujuk kepada sebutan “Jami’ah”, masih menurut Nashirul, semestinya kompetensi yang dipunyai lulusan Perguruan Tinggi itu bersifat menyeluruh (universal), bukan pada satu penilaian saja.
Selain prestasi akademik, Nashirul berharap kemampuan lain juga terus diasah dan ditingkatkan. Mulai dari skill manajerial (idariy), akhlak, inovasi (ibda’iy), dan lainnya.  “Jadi sosok kader Islam yang diharap itu harus utuh, tidak sepotong-potong,” Ucapnya lagi.
Diharapkan, kualitas para wisudawan PTH berikutnya punya kemampuan yang lebih baik lagi. Mengingat, kata Nashirul, tantangan dakwah ke depan juga makin tidak mudah.
“Apa yang didapat di tempat tugas itu biasanya berbeda dengan yang dipelajari di kelas. Untuk itu alumni itu tidak boleh berhenti belajar,” pesan Nashirul mengingatkan. “Kalau dulu hanya belajar satu atau dua bahasa asing. Nanti harus lebih banyak lagi. Alumni STIS harus kuasai bahasa Mandarin atau bahasa Persia, misalnya,” imbuhnya lagi.

 Baca juga: STIS Cetak 83 Alumni S.H.I: Siap Disebar di Seluruh Nusantara

Terkahir, ustadz Nashirul berpesan kepada para wisudawan, untuk tidak melalaikan aspek ruhiyah dan integritas. Sebab keduanya adalah modal dasar seorang kader Islam. “Selain meningkatkan kapabilitas, lulusan STIS harus menjaga kualitas ruhiyah dan integritasnya,” tutup Nashirul.
Diketahui, kegiatan Wisuda STIS Hidayatullah kali ini diikuti oleh 83 wisudawan/wisudawati angkatan IX dan X. Acara yang berlangsung hingga  pukul 11.00 tersebut berlangsung lancar di Aula Serba Guna “Prasmanan” RT. 25 Balikpapan.
Hadir dalam acara, Walikota Balikpapan, HM. Rizal Effendi, SE., Pimpinan Umum Hidayatullah, Dewan Senat STIS, dan Wakil Rektor II IAIN Antasari Banjarmasin, Dr. Sukarni, M.Ag. Nama yang disebut terakhir sekaligus membawakan orasi ilmiah yang bertajuk, “Islam Syariah Ramah Lingkungan” */ admin stishid

Leave us a Comment