Salah Seorang Dosen Putri Menikah. Ketua LPP Hidayatullah: Jadilah Keluarga “Basmalah”

20151125173006

STISHID — Bagi setiap muslim, menikah sudah seharusnya dikerjakan dalam rangka membentuk keluarga “Basmalah”.

Demikian disampaikan Ketua Lembaga Pendidikan dan Pengkaderan (LPP) Hidayatullah Balikpapan, Abdul Ghofar Hadi dalam khutbah nikah usai ijab dan qabul pernikahan Achmad Fazeri-Choirunisa Karina di Balikpapan, belum lama ini.

Perlu diketahui, mempelai putri adalah seorang dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah Putri, Balikpapan.

“Karena itu buat kedua mempelai agar menjadikan pernikahan ini untuk membentuk keluarga Basmalah,” kata Ghofar berpesan.

Keluarga Basmalah atau bisa disebut keluarga “Bismillahirrahmanirrahim”, menurut Ghofar, jika diuraikan berasal dari kata Bismillah, ar-Rahman dan ar-Rahim. Di mana, keluarga basmalah ini mengandung 4 nasehat di dalamnya.

“Pertama, kata Bismillah yang berarti niatkan menikah dalam rangka hanya untuk ibadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” jelas Ghofar.

Menikah, lanjut Ghofar, itu merupakan penyempurna dari agama (Islam). Makanya, ada istilah menikah itu untuk menyempurnakan separuh agamanya sebagai sarana beribadah kepada-Nya.

“Nasehat kedua, menikah dengan cara yang telah ditentukan oleh Allah yaitu dengan berpegang teguh kepada al-Qur’an dan as-Sunnah,” kata Ghofar.

Menurut Ghofar, banyak teori-teori dari Barat terkait dengan pernikahan. Tapi, hendaknya seorang muslim dalam pernikahan merujuk pada cara-cara yang telah dicontohkan dalam al-Qur’an maupun as-Sunnah.

“Apakah itu cara sebelum pernikahan (proses ta’aruf) maupun apa saja yang harus dilakukan setelah pernikahan (menjalani bahtera keluarga),” terang Gofar.

Lebih lanjut, Ghofar menambahkan, dalam mengarungi bahtera hidup usai ijab qabul disahkan, baik apakah itu dari pihak suami maupun istri harus senantiasa menerapkan ar-Rahman dan Ar-Rahim yaitu sifat kasih sayang dalam membina sebuah hubungan rumah tangga.

“Dan nasehat terakhir yaitu tujuan dari pernikahan adalah mencari ridha Allah Subhanahu Wa Ta’ala guna menggapai surga-Nya bersama-sama sekeluarga,” demikian tandas Ghofar. */ Kiriman Ibnu Sumari

Berita ini juga dapat dibaca melalui Android. Segera Update aplikasi STISHID untuk Android . Install/Update Aplikasi STISHID Android Anda Sekarang !

Leave us a Comment